Tips Mengobati Mata Ayam Sabung Terbaik

Posted on

Tips Mengobati Mata Ayam Sabung TerbaikTips Mengobati Mata Ayam Sabung Terbaik Yang Harus Kalian Tahu

Tips Mengobati Mata Ayam – Tahukah anda? Bahwa mata ayam aduan merupakan bagian tubuh ayam yang paling sensitif terserang penyakit. Misalnya terserang virus atau bakteri, menyerang dengan jalu/taji saat sabung ayam berlangsung, atau infeksi cacing. Hal ini  sering terjadi karena perawatan ayam yang kurang baik oleh pemiliknya.

Jika mata ayam aduan Anda memiliki penyakit, sebaiknya segera sembuhkan penyakit mata ayam jika memungkinkan. Sebab jika ayam anda memiliki masalah dengan matanya maka tentunya ayam anda tidak akan bisa bertarung seperti biasanya lagi. Jadi bagaimana Anda memperlakukan mata ayam itu? di artikel perawatan ayam kita akan bahas itu ya sob. teruslah membaca sampai selesai!

Mengobati Mata Ayam Sabung

Mata Ayam Cacing

Tips Mengobati Mata Ayam – Mata ayam yang terkena cacing akan terus mengeluarkan cairan dan membengkak di sekitar mata. Dan ayam tidak bisa lagi membuka matanya. Gejala awal yang sering terjadi dari infeksi cacing ini adalah keluarnya cairandari mata ayam yang secara terus menerus mengalir.

Cara mengatasi cacingan pada mata ayam, tindakan pencegahan yang di antaranya sebagai berikut.

  • Karantina, setelah ayam ditemukan terbawa cacing, langkah pertama yang dilakukan adalah mengarantina ayam agar tidak berpindah ke ayam lain, dan proses perawatannya lebih terarah.
  • Setelah kandang dibersihkan, semua ayam baik yang terinfeksi maupun tidak harus dikeluarkan dari kandang tetapi tetap dipisahkan, kemudian kandang dibersihkan secara menyeluruh dan dijemur di bawah sinar matahari langsung.
  • Mengganti bahan lantai, selain harus dibersihkan secara menyeluruh, lantai di dalam kandang juga harus diganti dengan yang baru, lalu ditolak dengan iodopress.
  • Ambil cacingnya, cacing pada mata ayam biasanya bisa langsung terlihat secara visual, sehingga bisa dicabut dengan hati-hati dengan pinset.
  • Tetes mata kreolin dapat dioleskan dan diteteskan langsung pada mata ayam yaitu dengan tetes mata kreolin 5%.
  • Peras air dari tembakau, obat herbal lainnya adalah dengan menggunakan jus tembakau.

Mata Ayam Terserang Taji

Tips Mengobati Mata Ayam – Bukan hal baru jika mata ayam aduan dipotong oleh taji yang menyebabkan retinal pecah tak lama setelah pertarungan. mungkin ada resiko apapun. Jika hanya luka kecil, cukup membersihkan lukanya lalu oleskan obat merah atau antiseptik. Jika luka agak berat, seperti robekan dalam, antiseptik dapat diterapkan dan kemudian dijahit.

Saat ayam bertanding, tentunya seluruh bagian tubuh ayam akan terluka. Tidak terkecuali ayam tersebut akan mendapat luka di bagian matanya. Jika seekor ayam terkena yalu atau taji ayam di matanya, otomatis matanya akan kehilangan penglihatan.

Pengobatannya dengan mematahkan tangkai daun lalu meneteskan sari daun kelor pada bagian mata ayam yang robek. Berikan saja 2 sampai 3 tetes. Tambahkan juga amoxylin, hanya 1 butir dengan melewatkannya. Ingatlah bahwa luka yang bertahan lebih dari sehari akan sulit sembuh. Untuk itu, Anda harus benar-benar menjaganya.

Pada umumnya jika ayam mengalami sobekan pada mata hingga retina mata pecah. Biasanya ini akan membutuhkan proses penyembuhan yang sangat lama, dan bisa memakan waktu mulai dari 3 minggu hingga satu bulan lebih lama. Untuk mempercepat penyembuhan luka, ayam harus ditumpahkan bersama dengan ayam betina. Terakhir untuk pemberian makan bisa secara rutin memberikan pisang setiap pagi dan sore hari, lalu dijatuhkan langsung, namun sebelumnya dipotong kecil-kecil. Selain menjadi pisang yang mudah dicerna, pisang juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Kandungan vitamin C pisang dapat meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus melindungi dari berbagai serangan penyakit.

Mata Ayam Terserang Virus

Selama masa peralihan, ayam tentunya sangat sensitif terhadap virus dan bakteri. Kandang kotor dll. Dapat menyebabkan berbagai virus menyerang ayam.

Jika sudah memperhatikan gejala-gejala tersebut, segera pisahkan ayam dari ayam aduan lainnya agar virus tidak menyebar. Coba mengobati dengan ramuan berikut ini.

  • Menggunakan Obat Tetes Mata
    Jika gejala Anda tidak kronis, Anda bisa menggunakan tetes mata (insto atau serupa) dengan 2-3 tetes dua kali sehari.
  • Menggunakan Obat Eye Chick
    Anda bisa menggunakan obat kimia yang cukup efektif untuk mengatasi masalah mata pada mata ayam. Ini disebut tongkat mata yang bisa dibeli di toko perkakas lokal Anda.
  • Menggunakan Daun Sirih
    Daun sirih juga dikenal sebagai obat mujarab untuk virus penyebab sakit mata pada ayam. Bagi anda yang ingin melihat khasiat daun sirih pada ayam, sobat baca terus tentang manfaat spesifik daun sirih dalam sabung ayam. Anda bisa menggunakan daun sirih dengan cara dikocok hingga sarinya habis. Lalu teteskan ke mata ayam. BDW pelan-pelan sebab perih.

Kutil Pada Ayam

Tips Mengobati Mata Ayam – Penyebab penyakit ini adalah virus Avipox. Ternyata virus ini mudah menular dan bisa menyebar ke kandang terdekat. Bintik putih pada kulit ayam menjadi ciri khasnya. Ada bisul putih di sekitar trakea atau muka ayam. Kemudian ada lecet pada sisir ayam. Saat ayam menderita penyakit ini, beri mereka makanan lunak. Perawatan yang tepat dapat membantu ayam Anda sembuh lebih cepat.

Untuk mencegah hal ini terjadi, Anda bisa menggunakan vaksin khusus. Kemudian usahakan untuk mencegah penyebaran penyakit dari nyamuk atau unggas lain yang terinfeksi.

Mata bengkak

Tips Mengobati Mata Ayam – Virus bronkitis menular (IBV) adalah pembawa penyakit ini. Gejala awal ayam adalah bersin, batuk dan mendengkur. Kotoran keluar dari mata dan hidungnya. Kemudian mereka tidak bertelur lagi.

Vaksin dapat mencegah penyakit ini. Namun, jika berhasil, pastikan segera mengarantina ayam. Letakan ayam dalam kandang yang kering dan hangat. Lalu, sajikan teh herbal hangat dengan bumbu segar.

Mata Ayam Berbusa

Tips Mengobati Mata Ayam – Sebelum kita memahami dan mempelajari cara menangani mata berbusa dengan benar pada ayam, hal pertama yang perlu diketahui adalah mengapa ayam-ayam ini mengalami masalah kesehatan. Mata ayam yang berbusa biasanya terlihat oleh ayam dengan gejala lain yang menyertai seperti kondisi tubuh kurus, nafsu makan hilang, dan perilaku ayam yang tidak menunjukkan kesehatan. Selain berbusa, ayam cenderung mengeluarkan cairan dari matanya

Penyebab ayam dengan mata berbusa adalah kesehatan yang buruk, kandang kotor dan tidak terkontrol, kurang makan untuk ayam, infeksi bakteri dan virus, dan yang paling sering menjadi salah satu penyebab utama penyakit mata ayam. busa adalah cacing usus di mata

Cara Menghilangkan Busa

  • Obat tetes mata manusia bisa dioleskan ke mata ayam jika buihnya tidak terlalu keras. Salah satu obat tetes mata manusia yang bisa diberikan pada ayam adalah creoline 5%.
  • Buah pinang selain obat tetes manusia, pemberian jambe atau baby pinang untuk dimakan ayam juga bisa membantu menghilangkan busa dari mata ayam.
  • Peras tembakau, cara lain untuk menghilangkan busa dari mata ayam Anda adalah dengan mengoleskan 2-3 tetes jus tembakau langsung ke mata ayam secara teratur. Bersihkan busa dan cairan di sekitar mata ayam sebelum menetes.
  • Eye Chick, jika mata semakin parah gunakan obat tetes mata yang khusus dibuat untuk ayam yaitu Eye Chick yang bisa dibeli di breeding dan toko unggas.
  • Perawatan yang baik, selain merawat mata ayam yang berbusa, juga membutuhkan pencegahan kambuh melalui proses pengawetan yang baik, memastikan nutrisi makanan yang cukup dan memperhatikan kebersihan yang baik.

Baca juga : Memilih Ayam Bangkok F1 & Memilih Agen Terbaik