Merawat Dan Melatih Bangkok Ayam

Posted on

Merawat Dan Melatih Bangkok AyamTips Merawat Dan Melatih Bangkok Ayam Sabung

Merawat Dan Melatih Bangkok Ayam – Ayam bangkok merupakan salah satu jenis hewan yang sering dijadikan hiburan. Hiburan yang disajikan terdiri dari Sabung ayam satu lawan satu. Hewan petarung ini memiliki banyak panggilan di kalangan peminatnya, di antaranya ayam jantan petarung, ayam petarung, ayam jantan petarung, ayam petarung, ayam petarung, dan ada yang menyebut mereka ayam jantan petarung. Mungkin nama-nama ini sudah tidak asing lagi bagi Anda. Saya rasa Anda juga tertarik dengan ayam bangkok. Untuk itu, sebagai penulis, saya akan menjelaskan tentang ayam bangkok atau ayam aduan.

Mengenal Ayam bangkok

Ayam bangkok memiliki banyak sekali peminat. dimulai dari golongan pemuda bahkan orang tua. Keunikan ayam ini adalah bentuk tubuhmnya lebih tegap dan gagah. Bahkan tidak hanya itu, apabila ayam mendapatkan perawatan khusus, maka pada bagian tubuh ayam akan menimbulkan bulu yang cantik penuh warna. Merawat Dan Melatih Bangkok

Layaknya petinju, ayam aduan sabung juga membutuhkan pelatihan untuk meningkatkan kemampuannya menjadi juara petarung. Latihan ini meliputi latihan fisik dan mental. Latihan fisik ditujukan untuk meningkatkan kualitas, daya tahan dan kekuatan otot. Sedangkan pelatihan mental berguna untuk meningkatkan keberanian dan memperkaya pengalaman bertarungnya sebelum melawan lawan di arena.

Stamina ayam bisa ditingkatkan dengan melakukan latihan rutin seperti renang, umbar dan yantur. Hal ini kemudian dibarengi dengan makanan bergizi kaya karbohidrat, suplementasi, jamu dan istirahat yang cukup agar ayam memiliki tenaga. Untuk menambah kekuatan otot Anda, tambahkan asupan protein ekstra sebentar lagi dengan latihan pembentukan otot yang sesuai dengan usia ayam.

Inilah yang membuat ayam bangkok banyak adu ayam bahkan memiliki banyak penggemar. Namun, Anda sudah tahu cara merawat ayam bangkok aduan? Yuk, simak ulasan berikut.

Tips Merawat Bangkok Ayam Sabung

1. Persiapan Kandang

Cara merawat ayam bangkok yang pertama adalah dengan menyiapkan kandang sesuai standar. Biasanya kandang induk dan anak dibuat terpisah untuk memudahkan pemeliharaannya. Apalagi perawatan yang dibutuhkan berbeda satu sama lain. Kandang yang digunakan biasanya terbuat dari kayu anyaman. Besar kecilnya kandang tergantung dari jumlah ayam bangkok yang anda miliki.

Namun, usahakan dibuat lebar agar leluasa untuk pergerakan ayam. Khusus untuk ayam bangkok yang terpisah dari induknya, perawatannya harus lebih intensif. Misalnya memberikan penghangat di dalam kandang agar anakan Bangkok tidak mudah sakit dan mudah mati. Pastikan anak ayam dalam keadaan hangat agar lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan.

2. Siapkan pakan

Selain itu, pakan merupakan aspek penting dalam perawatan ayam di Bangkok. Misalnya, anak ayam Bangkok sebaiknya hanya diberi air. Namun, untuk ayam indukan dari Bangkok makanannya bisa bubur atau dedak. Pur bisa dicampur dedak padi dengan perbandingan 4: 1.

3. Memberi suplemen Dan Vitamin.

Meski sudah di dalam kandang, hal ini tidak menjamin ayam bangkok anda bersih. Jadi Anda bisa memandikan ayam Anda di Bangkok kapan saja. Waktu terbaik untuk memandikan ayam bangkok adalah jam 8 pagi.

Jangan gunakan air hangat untuk memandikan ayam karena akan merusak jaringan bulu bangkok. Selain itu, jangan gunakan sabun atau cairan berbahan kimia lainnya yang dapat merusak isi ayam dan dapat berubah menjadi racun saat dimakan.

4. Mandi

Meski sudah di dalam kandang, hal ini tidak menjamin ayam bangkok anda bersih. Jadi Anda bisa memandikan ayam Anda di Bangkok kapan saja. Waktu terbaik untuk memandikan ayam bangkok adalah jam 8 pagi. Jangan gunakan air hangat untuk memandikan ayam karena akan merusak jaringan bulu bangkok. Selain itu, jangan gunakan sabun atau cairan berbahan kimia lainnya yang dapat merusak isi ayam dan dapat berubah menjadi racun saat dimakan.

5. Pengeringan

Cara lain merawat ayam bangkok adalah dengan mengeringkannya setelah mandi. Mengingat ayam bangkok Anda tidak dilepasliarkan di alam, maka harus selalu dipelihara secara intensif. Misalnya, jemur ayam bangkok Anda di bawah sinar matahari setelah mandi. Namun, pastikan Anda memiliki alas di dasar kandang agar Bangkok Chicken Anda tidak berguling dan kotor lagi. Selain itu, jangan biarkan ayam terkena panas matahari, karena mereka lebih menyukai permukaan standar.

Cara Melatih Ayam Sabung Bangkok

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat merawat dan melatih ayam jantan pertempuran Anda. Simak langkah-langkah berikut ini.

Melatih Fisik Ayam Aduan

Ayam aduan mulai menunjukkan kedewasaannya yang ditandai dengan pesona saat bertemu atau dekat dengan lawan jenis, biasanya antara usia 8 hingga 9 bulan. Pada usia ini, ayam aduan diharuskan berpisah dari induknya (memiliki kandang sendiri).

Ayam sebaiknya dijemur pagi hari secara rutin setiap hari minimal 2 jam. Batas waktu berjemur adalah jam 10 pagi. Kemudian lakukan lagi pada sore hari, melepaskan ayam aduan agar bisa bergerak bebas dan menggaruk tanah mencari makan untuk melatih otot kaki.

Selama proses ini, ayam petarung cukup untuk latihan ringan. Metode ini dirancang untuk menjaga keindahan bulunya, karena ayam aduan muda memiliki kulit sensitif, “bulu mudah rontok”. Selain itu, hanya sebagai penyetelan agar otot ayam tidak kaget dengan senam selanjutnya.

Melatih Pukulan Ayam

Tentunya setiap orang yang gemar sabung ayam jantan mengetahui bahwa latihan lompat ayam cukup penting karena ketika ayam jantan menghantam lawan dia selalu dalam keadaan melompat. Latihan ini dirancang untuk memukul lawan di udara dan memaksimalkan kekuatan pukulan.

Untuk membuat ayam jago tempur dengan lompatan yang baik, cukup dengan membuangnya ke udara berulang kali. Dengan cara ini, dapat membantu ayam untuk berpikir bahwa ia sedang berhadapan dengan musuhnya. Tahapan selanjutnya adalah melatih otot sayap ayam, otot kaki, dan juga pernafasan. Latihan ini akan membuat ayam lebih gesit, hanya latihan ini di sore hari.

Perlu juga dipahami bahwa sebelum pelatihan, jangan lupa memberi makan ayam terlebih dahulu. Tunggu sekitar satu jam. nah setelah itu saya baru mulai latihan.

“Pegang ekor ayam dan angkat tinggi-tinggi sehingga kepala ayam berada di bawah, biarkan kaki dan sayapnya tersentak dan bergoyang. lakukan latihan ini selama satu atau dua menit. Jika ayam dalam keadaan sehat dan lebih sulit untuk melakukan latihan ini, Anda dapat melakukannya beberapa kali, bergantian di antara waktu istirahat.

Melatih Nafas Ayam Aduan

Setelah proses ketiga, lanjutkan ke tahap pelatihan leher. Pada tahap ini, tidak jauh berbeda dengan cara melatih ayam aduan untuk melompat. Bagian yang ditopang oleh tangan hanyalah bokong dan leher tepat di bawah kepala.

“Angkat tangan ke arahmu sehingga ayamnya tergantung, lalu tarik ke kanan dan kiri, biarkan ayamnya beterbangan.” Tujuan dari latihan ini adalah untuk memperkuat otot-otot leher karena merupakan senjata ampuh dalam pertempuran sehingga dalam pertarungan tangan kosong, ayam jago dapat mendominasi dan menundukkan kepala bahkan lebih daripada memukulnya.

Tujuan dari latihan ini adalah untuk memperkuat otot-otot leher karena merupakan senjata ampuh dalam pertempuran sehingga dalam pertarungan tangan kosong, ayam jago dapat mendominasi dan menundukkan kepala bahkan lebih daripada memukulnya. Tahap selanjutnya adalah latihan lari. Dengan cara ini anda bisa melatih semua otot ayam dan pernafasannya, selain itu latihan ini akan membuat ayam lebih lincah. Merawat Dan Melatih Bangkok

Cukup dengan menyediakan satu ekor ayam lagi untuk dijadikan joran dan dua penyangga rangka dengan ukuran berbeda. Triknya adalah dengan menyusun dua bingkai. Kemudian simpan ayam sebagai joran dalam bingkai yang telah disiapkan. Kemudian lepaskan ayam yang ingin Anda latih secara fisik. Untuk itu perlu dilakukan pengawasan terhadap ayam-ayam tersebut agar tidak kehabisan tenaga selama pelatihan.

Kemudian berlatih renang.

Latihan ini digunakan untuk melatih otot-otot ayam, terutama bagian kaki. Caranya adalah dengan melempar ayam ke dalam kolam dan memastikan pengawasan. Hingga akhirnya ayamnya berhenti. Lakukan lagi dan lagi. Berikan kesempatan pada ayam jago bertarung untuk mencoba tangan mereka melawan lawan mereka.

Menjaga keamanan paruh dan taji ayam

Latihan ini memiliki banyak manfaat, mulai dari latihan mental hingga latihan kekuatan umum. Saat melakukan senam tarung ini, jangan terlalu lama kemudian usahakan untuk tidak merusak bulu-bulu pada tubuh ayam. Ini berguna untuk menjaga keamanan paruh dan taji ayam, yang bisa ditutup dengan selotip. Pemberian pakan dalam perawatan ayam aduan sangat penting, dan bila pemberian pakan pada ayam kurang baik hasilnya sama saja. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui makanan apa yang harus diberikan pada ayam aduan yang sedang bersaing atau dalam masa pertumbuhan. Merawat Dan Melatih Bangkok

Untuk ayam yang masih dalam masa pertumbuhan, pur bisa diberikan untuk menjaga usus ayam tetap terjaga dengan baik. Sedangkan untuk ayam yang siap bertarung, Anda bisa memberikannya nasi merah atau ranting, rutin memberinya makan sekali sehari, yaitu hanya pada malam hari.

Baca juga : Mudah Melatih Ayam Bangkok Sabung