Ciri-Ciri Ayam Khoythai Dan Cara Merawatnya

Posted on

Ciri-Ciri Ayam Khoythai Dan Cara MerawatnyaCiri-Ciri Ayam Khoythai Dan Cara Merawatnya

Ciri-Ciri Ayam Khoythai Dan Cara Merawatnya – Semua botoh menginginkan ayam jantan pertempuran kualitas super. Jika ditanya ayam jenis apa yang cocok untuk sabung ayam, jawabannya sangat bagus. Setiap jenis ayam petarung memiliki kekurangan dan kelebihan tersendiri. Nyatanya, hampir semua botoh bersilangan untuk menghasilkan hasil yang berkualitas tinggi.

Untuk saat ini, bagaimanapun, ayam Khoythai sedang sibuk diberbicara oleh botoh. Sementara itu, pemula botoh mungkin sulit mempelajari karakteristik dan manfaat Ayam Khoythai. Namun, tidak ada yang perlu dikhawatirkan, kami akan memberi tahu Anda lebih banyak tentang cara mempelajari karakteristik ayam ras Khoythai dan cara merawatnya.

Salah satu jenis ayam aduan tersebut  adalah hasil persilangan dua ayam aduan lainnya. Namanya ayam Koythai, yang konon merupakan hasil persilangan ayam Pakhoy dan Bangkok di Thailand. Artinya, ayam koythai ini merupakan hasil persilangan dari beberapa ras mengingat induknya pakhoy adalah persilangan.

Koythai Chicken

Secara fisik, Koythai Chicken hampir sama dengan Ayam Bangkok biasa. Bulunya jelas berwarna coklat keemasan dan hitam. Kakinya bulat dan cerah. Jika anda seorang pemula dalam dunia sabung ayam maka sekilas Koythai Chicken sama dengan Bangkok Chicken.

Sangat sulit untuk membedakan ayam Khoythai dari ayam bangkok lainnya karena hampir sama, namun seorang mimin Ayam Jago akan memberi tahu Anda cara mudah mengenali ciri-ciri ayam Khoythai.

Ciri Fisik Ayam Khoythai

  • Dari sisi kekuatan memang sedikit berbeda. Namun peningkatan tersebut tidak terlihat pada pandangan pertama. Harus ada kontak langsung dengan Ayam. Sedangkan kepalanya semerah biasanya. Dengan sisir yang tidak besar atau kecil. Yang membedakannya dari ayam Bangkok biasa adalah gaya bertarungnya.
  • Dari segi fisik, ayam Khoythai secara umum hampir mirip dengan ayam Bangkok. Bulu terang berwarna coklat keemasan dan hitam. Kakinya bulat dan berwarna terang.
  • Tulang ayam ini  sangat berbeda dengan ayam pakhoy dan ayam bangkok. Untuk mengecek tulang khoythai, anda bisa menahan badannya atau melakukan kontak langsung dengan ayam khoythai.
  • Ayam Khoythai memiliki kepala berwarna merah seperti kebanyakan ayam petarung. Namun sisir yang dimiliki Chicken Khoythai tidak terlalu besar atau terlalu kecil.
  • Ayam jago perang Khoythai memiliki teknik penguncian yang cukup mematikan. Ayam Khoythai yang sangat lincah dalam menyerang ayam jago lawan dari sisi kiri dan kanan, membuat malu lawan.

Setelah melakukan teknik ini, ayam khoythai akan memblokir penis lawan dan memberikan pukulan yang kuat. Pukulan ayam Khoythai sangat sulit dihindari karena sangat cepat, kuat dan akurat. Ayam Khoythai tergolong ayam dengan gaya bertarung yang modern dan  memiliki kemampuan mematikan.

Manfaat ayam koythai

Berikut ini adalah manfaat ayam koythai yang tidak dimiliki ayam lain. Melihat ayam ini bertanding, Anda akan melihat jurus andalannya yaitu teknik blocking yang mematikan. Ayam ini cukup lincah. Pukul sisi kiri dan kanan. Kemudian buat blokade dan pukulan keras. Ini akan diulang berkali-kali hingga lawan lumpuh.

Saat menargetkan, serangan ayam Koythai benar-benar efektif. Entah itu paruh atau yang tajam. Tujuannya adalah bagian samping kepala, yaitu mata, paruh dan tenggorokan. Seringkali, ayam yang digunakan untuk melawan ayam jantan Koythai dibutakan dan hilang. Pukulannya jarang terlihat karena cepat, keras, dan tepat.

Beberapa orang menyukai gaya ayam Koythai kontemporer ini. Ya, Koythai memang ayam perang “modern”, lahir terakhir untuk melengkapi gaya bertarung tradisional atau “gerakan” yang dimiliki beberapa pendahulu. Jika Anda suka adu ayam dengan gaya kekinian, Koythai ini bisa jadi pilihan yang menjanjikan selain ayam Pakhoy, Mathai atau Saigon modern lainnya. Demikianlah uraian singkat tentang Koythai Chicken atau dikenal juga dengan Bangkok Pakhoe Chicken.

Ayam khoythai bisa sangat populer secara komersial, tetapi belum tentu bisa langsung mendapatkannya. Tentunya sebagai seorang botoh, Anda perlu merawatnya dengan baik dengan melatih ayam khoythai Anda untuk menjadi ayam aduan.

Seekor ayam jantan petarung yang tidak dirawat dengan baik niscaya akan menurunkan kemampuan bertarungnya. Oleh karena itu, sebagai botoh, Anda perlu merawat ayam aduan dengan benar. Meski Ayam Khoythai memiliki kemampuan yang luar biasa, akan sia-sia jika tidak dirawat dengan baik.

Cara Merawat Ayam khoythai 

Pasang Barbel Pada Kakinya
Ayam khoythai memang dipercaya memiliki pukulan yang kuat, namun jika ingin pukulan yang lebih keras, Anda bisa meletakkan barbel di kaki ayam khoythai. Ini untuk melatih kekuatan kaki ayam agar lebih kuat dalam memukul. Bobot barbel yang diberikan pada ayam aduan harus sesuai dengan berat dan umur ayam khoythai. Barbel bisa digunakan setelah ayam mandi di pagi hari.

Makanan Ayam
Pakan yang diberikan pada ayam Khoythai harus bergizi dan pemberian pakan herbal akan memberikan kekuatan pada ayam Khoythai. Semakin tinggi daya tahannya, semakin kuat ayam Khoythai tersebut.

Kandang khusus
Buatlah tempat bertengger dari kayu bulat dan gantung di tali. Ini untuk melatih keseimbangan ayam. Ayam yang memiliki keseimbangan yang baik akan lebih berani saat dilempar ke udara.

Teknik lemparan di udara
Lemparan udara yang bisa digunakan adalah teknik bantingan. Teknik crackling melibatkan memegang dada ayam di tangan kiri Anda dan memegang pangkal ekor ayam dengan tangan kanan Anda. Beberapa kali lempar ayam di ketinggian kepala ayam dengan tanah yang dibasahi air sebagai tempat lemparan ayam aduan.

Latihan abar
Ayam aduan tidak hanya menjalani latihan fisik, tapi juga membutuhkan latihan mental. Cara melatih mental ayam aduan, bisa dengan cara menumbuk atau mengajarkan ayam khoythai dengan ayam jenis lainnya. Pelatihan baru berlangsung setiap hari agar ayam terbiasa dengan mode bertarung. Sekian informasi lebih detail tentang pengenalan ciri-ciri ayam khoythai yang dapat diwariskan kepada pecinta sabung ayam di seluruh Indonesia. Semoga artikel yang kami bagikan ini dapat membantu Anda dalam hidup dan bermanfaat.